Fitur Baru WhatsApp, Avatar Bisa Jadi Foto Profil


Whatsapp dikabarkan sedang mempersiapkan fitur baru yakni penggunaan Avatar. Selain memungkinkan pengguna untuk menciptakan avatar virtual yang sesuai dengan karakteristiknya, Avatar ini kabarnya juga akan bisa digunakan sebagai foto profil.

Avatar sendiri merupakan bentuk animasi yang merepresentasikan gambaran penggunanya sehingga dapat digunakan untuk mewakili seseorang di internet. Memiliki avatar pada profil sosial media dapat membuat kita terlihat keren dan kekinian. Apalagi bagi yang aktif di internet, baik di sosial media atau di komunitas game online. Baik itu game yang diakses dari aplikasi maupun yang dimainkan di dengan login 

Fitur Avatar Diumumkan Oleh WABetaInfo

Kabar akan hadirnya fitur Avatar ini dilaporkan oleh WABetaInfo. Dilansir dari laman WABetaInfo, fitur ini akan tersedia pada update WhatsApp Beta untuk Android 2.22.16.11. WhatsApp Beta sendiri merupakan versi trial dari versi WhatsApp yang sebenarnya. Pengguna WhatsApp Beta mendapatkan akses lebih awal untuk mencoba versi baru dari WhatsApp Web, Desktop, dan Portal.

Fitur Avatar yang akan diluncurkan ini memungkinkan pengguna untuk dapat menggunakan avatar sebagai filter untuk video call sebagai alternatif ketika tidak ingin menampilkan wajah asli, juga akan tampil ketika kamera dimatikan.

Avatar juga dapat dikirim sebagai stiker. Selain itu ada fitur tambahan yang ditawarkan kepada pengguna, yakni kemampuan mengatur avatar untuk digunakan sebagai foto profil. Pengguna juga dapat mengatur warna latar belakang yang akan digunakan dalam foto profil. Hal ini diketahui dari tangkapan layar yang dibagikan WABetaInfo pada Senin (16/08) kemarin.

Lebih lanjut WABetaInfo mengatakan, meski tangkapan layar tersebut diambil dari WhatsApp Beta untuk Android, namun kemampuan menggunakan avatar sebagai foto profil juga akan tersedia di WhatsApp Beta untuk iOS dan Desktop beta.

Bagaimana Desain Avatar Whatsapp?

Desain avatar yang dikembangkan oleh WhatsApp tersebut masih belum diketahui. Ada kemungkinan desain ilustrasinya akan sama dengan avatar yang sudah lebih dulu ada di aplikasi Facebook dan Instagram agar terlihat seragam sebagai sesama aplikasi milik Meta. Sebagai informasi, fitur avatar di Facebook sudah tersedia sejak tahun 2020. Sementara untuk Instagram, fitur ini baru hadir pada Maret 2022 lalu.

Meski demikian, fitur ini masih dalam tahap pengembangan sehingga belum diketahui pasti kapan akan dirilis. Pihak WABetaInfo menjelaskan bahwa fitur ini masih harus melalui tahap uji coba sehingga diperkirakan belum akan diluncurkan dalam waktu dekat.

Fitur Baru Lain yang Akan Dirilis Whatsapp

Avatar bukan satu-satunya fitur yang sedang dikembangkan dan akan dirilis oleh WhatsApp. Belum lama ini, WhatsApp mengumumkan tiga fitur privasi baru yang akan segera hadir.

Dua dari tiga fitur tersebut, yakni sembunyikan status online dan keluar dari grup tanpa notifikasi. Kedua fitur ini telah lama dinanti oleh pengguna WhatsApp dan akan rilis dalam waktu dekat.

Fitur privasi ketiga yaitu memblokir screenshot untuk konten sekali lihat. Sebelumnya, WhatsApp merilis fitur keamanan yang diberi nama “view once” atau “lihat sekali” yang memungkinkan pengguna untuk mengirim gambar yang hanya dapat dilihat sebanyak satu kali oleh penerimanya. Fitur ini mencegah konten yang dikirim untuk dibagikan kepada pengguna lain. Namun nyatanya ada celah yang memungkinkan penerima untuk membagikan foto atau video tersebut, yakni dengan tangkapan layar atau screenshot.

Dengan update fitur keamanan terbaru, WhatsApp berupaya membuat fitur WhatsApp view once menjadi lebih aman. Nantinya penerima tidak bisa melakukan tangkapan layar untuk konten yang dikirim dengan fitur view once. Dengan demikian, fitur ini akan menjadi makin aman dan nyaman digunakan untuk membagikan hal yang sifatnya pribadi.

Sejauh ini, tanggal rilis untuk fitur privasi ini masih belum ditetapkan oleh WhatsApp. Namun menurut kabar yang beredar, pengerjaan fitur larangan screenshot tersebut sudah hampir selesai sehingga dapat segera diluncurkan. 
© Sudar Cell. All rights reserved. Developed by Jago Desain