Review OPPO Reno8 4G, Hadir dengan Warna Baru

OPPO Reno8 4G atau Reno8 adalah perangkat keempat dari seri Reno8. Perangkat kelas menengah terbaru yang OPPO perkenalkan beberapa waktu lalu. Saat tulisan ini ditulis, perangkat sedang masa pre-order dan dalam waktu sangat dekat akan mulai tersedia untuk pengguna umum.

Meski menjadi perangkat paling buncit yang ada di seri Reno8, namun OPPO Reno8 4G ini tetap memberikan kelebihan dan keunikan tersendiri. Selain dari sisi desain, spesifikasi juga cukup mumpuni di kelasnya.


Desain dari Reno8 4G

Desain perangkat ini masih mengusung tema retro tetapi dengan nuansa modern yang kental. Untuk seri Reno8 kali ini hadir dengan warna yang berbeda dari seri sebelumnya yaitu Dawnlight Gold.

Finishing dan warna ini memberikan efek gradasi warna dengan kesan premium dan menarik. Anda bisa mendapatkan gradasi warna ungu yang lalu mengarah ke gold sesuai dari mana cahaya menerangi bagian belakang perankat.

Untuk layout kamera sendiri masih serupa dengan seri sebelumnya, berpadu dengan nuansa kotak retro yang hadir di keseluruhan perangkat.

Tampilan depan 6.4 inci AMOLED Display, untuk button power ada di bagian kanan sedangkan volume up - down ada di sisi satunya. Di bagian bawah ada port usb type C, rongga speaker serta perangkat ini masih dilengkapi dengan colokan jack audio.

Sebagai perangkat dengan harga 5 juta, Reno8 memberikan kesan premium yang tidak kalah dari seri Reno8 yang ada di atasnya. Apalagi ada finishing baru yaitu warna gradasi emas yang bisa menjadi pilihan para penikmat gadget.

Kesan menggenggam perangkat ini cukup baik. Unit yang kami coba berwarna Dawnlight Gold. Finishing OPPO Glow seperti yang ada diperangkat ini membebaskan bagian belakang dari finger print. Jadi akan tampak lebih menyenangkan ketika meletakkan perangkat di meja dengan bagian belakang menghadap ke atas.


Spesifikasi Reno8 4G, cukup mumpuni di kelasnya

OPPO Reno8 4G membawa prosesor Snapdragon 680 4G, lalu layar 6.4 inci AMOLED dengan refresh rate sampai 90Hz. Sedangkan untuk baterainya adalah 4500mAh dengan dukungan SuperVOOC 33W. Untuk RAM dan ROM ada 4GB dan 256GB. RAM-nya sendiri bisa diperluas sampai 5GB secara virtual.

Prosesor SD 680 4G ini bisa dibilang cukup untuk perangkat di kelas di mana Reno8 berada. Kemampuannya bisa memberikan dukungan untuk kegiatan komputasi sehari-hari, gaming juga bisa, fotografi juga bisa. Kemampuan untuk optimalisasi penggunaan baterai juga cukup baik.

Untuk spesifikasi kamera sendiri konfigurasinya antara lain kamera depan 32MP selfie camera yang dilengkapi  fitur ultra sensing selfie dengan sensor dari Sony IMX709 RGBW. Untuk kamera belakang ada 64MP AI Portrait Camera, 2MP micro lens dan 2MP depth camera.

Microlens yang ada di perangkat ini bisa melakukan zoom 15x dan 30x untuk hasil foto makro yang unik. Selain itu OPPO juga tetap menghadirkan Orbit light untuk membantu foto microlens agar bisa terang dan membantu menangkap objek dengan lebih baik.

Untuk baterai ada selain ada 4500mAh dengan 33W SuperVOOC, telah dilengkapi juga dengan fitur super power saving mode dan super nightime stanby.

Untuk gaming, selain dukungan prosesor yang cukup ada pula beberapa fitur yang masuk di ColorOS 12.1 seperti beberapa diantaranya quick startup dan AI Frame Rate Stabilization.

Sebagai pelengkap, OPPO juga menyertakan ColorOS 12.1 langsung di perangkat ketika keluar dari kotak, antar muka ini memberikan beberapa fitur unggulan yang berhubungan dengan keamanan. Seperti Fuzzy Location yang memungkinkan pengguna untuk mendapatkan lapisan privasi yang lebih. Selain itu, pengguna juga bisa menghapus informasi lokasi pada foto atau video ketika membagikannya lewat aplikasi pihak ketiga.

Pengalaman foto dengan Reno8 4G

Perangkat ini cukup bisa diandalkan untuk kegiatan fotografi, bahkan untuk foto malam. Perankat juga punya keunggulan di kamera belakang yang spesifikasinya 64MP, lebih besar dari varian Reno8 lain. Di kamera depan juga da sensor Sony IMX709 yang menjadi salah satu keunggulan peranglat untuk foto selfie.

Aplikasi kamera bawaan di perangkat ini juga memberikan kemudahan dalam penggunaan untuk fotografi. Misalnya saja untuk mode portrait pengguna bisa menikmati tampilan layaknya kamera digital untuk aperture. Tampilan geser memudahkan untuk pengguna yang ingin mengatur blur dari background foto.

Anda juga bisa menikmati fitur Bokeh Flare Portrait untuk fitur bokeh otomatis yang dibantu AI. Mode pro, time lapse dan slo-mo juga tersedia di perangkat Reno8 4G.

Reno8 4G juga memiliki lensa yang tidak dimiliki oleh varian Reno8 series lainnya, yaitu microlense. Lewat pilihan mode Microscope maka pengguna bisa menfoto objek dengan jarak sangat dekat layaknya microscope dan mendapatkan keseruan baru untuk mengambil foto. Ada dua pilihan zoom yaitu 15x dan 30x.

Hadirnya microlense ini menjadi pembeda yang cukup menarik untuk Reno8 4G. Mereka yang ingin berkreasi dengan cara berbeda, bisa mencari dan mengatur objek agar memberikan hasil foto yang seru.

Secara umum perangkat ini bisa memenuhi berbagai kebutuhan. Komputasi sehari-hari termasuk hiburan, fotografi termasuk portrait dan foto malam dan juga gaming. Fitur dan spesifikasinya mungkin tidak ada yang terlalu menonjol tetapi semuanya ‘aman’, setidaknya di kelas perangkat Reno8 4G ini berada.

Beberapa kelebihan antara lain adalah dari sisi desain, kamera microlens, serta dukungan antar muka dan fitur bawaan khas OPPO yang berhubungan dengan fotografi. Termasuk untuk portrait beserta fitur-fiturnya, dan juga optimasi AI untuk hasil maksimal.

© Sudar Cell. All rights reserved. Developed by Jago Desain