35 Game Indonesia Terbaik 2022 yang Wajib Dicoba

Mungkin di kalangan gamer masih banyak yang belum mengetahui tentang game – game Indonesia terbaik yang dibuat oleh developer lokal. Game Indonesia yang dirilis beberapanya merupakan game terpopuler bahkan mendapat penghargaan juga, lho! Karena kepopulerannya tersebut membuat para publisher terkemuka tertarik membawa game lokal semakin mendunia.

Tak hanya itu saja, beberapa game tersebut juga mendapat banyak respon positif karena visual dan cerita yang disajikan membuat para pemain enjoy memainkannya. Nah, biar nggak penasaran lagi, berikut penulis sajikan 36 Game Indonesia Terbaik dan Keren tahun 2022 yang wajib banget kalian mainkan!

1. DreadOut

Berceritakan tentang Linda dan teman – temannya (Ira, Shelly, Yayan, Doni, dan Ibu Guru Siska) melakukan perjalanan dengan bus. Di perjalanan, mereka menemukan jembatan rusak menuju kota tua berkabut nan misterius. Sayangnya Ibu Siska salah mengambil jalan dan melewati jembatan itu hingga mereka masuk ke kota tersebut. Kebingungan, mereka menghentikan bus untuk melihat sekitar, dan tiba – tiba Doni dan Yayan hilang dari rombongan.

Pada game ini, kalian akan berperan sebagai Linda mencari kedua temannya yang hilang di kota tua berlatarkan tahun 1980-an.

2. DreadOut 2

DreadOut 2 merupakan sekuel dari seri pertama di mana Linda berhadapan dengan ancaman baru yang datang dari sosok wanita bergaun hitam menyebar teror lewat beragam kejadian aneh yang membuat Linda kembali berhadapan dengan hal – hal supranatural. Kejadian tersebut membuat makhluk – makhluk gaib menjadi agresif dan menyerang Linda dengan merasuki orang – orang sekitar.

Kira – kira siapakah wanita bergaun hitam itu? Apakah masih ada hubungannya dengan Bu Siska, tokoh antagonis di seri pertama? Game Indonesia keren ini merupakan game horor yang wajib masuk list game-mu!

3. Coffee Talk

Game Indonesia keren satu ini adalah besutan kreator mendiang Muhammad Fahmi yang mendunia. Dibesut oleh Toge Production, game ini menjadikan pemainnya seorang barista di sebuah coffee shop. Bernuansa pixel ala fantasi, Coffee Talk akan membuatmu berkumpul dalam suasana unik, di mana kalian bakal bertemu para pelanggan dengan karakteristik dan sifat berbeda – beda juga meracik minuman sesuai dengan keinginan mereka.

4. When The Past Was Around

Game Indonesia yang dibesut Mojiken dan Toge Productions ini berbasis point and click puzzle, di mana para pemain mencari berbagai objek hilang dan memecahkan ragam puzzle di dalamnya. Game ini bercerita tentang cinta, move on, melepaskan, menerima kebahagiaan dan kesakitan dalam situasi apapun.

Well, walau visual yang disajikan memanjakan mata, cerita dalam game lokal satu ini tidaklah kaleng – kaleng, brott! Saran penulis yang sudah mainkan satu ini, selalu sedia tisu di dekatmu, ya? Karena jujur, ceritanya sukses membuat penulis terharu.

5. Escape From Naraka

Escape from Naraka merupakan game besutan Xelo Games Studio yang mengangkat tema mitologi budaya Bali. Menceritakan seorang lelaki yang masuk ke dimensi lain untuk menyelamatkan sang kekasih yang diculik oleh makhluk bernama Rangda, sang Ratu Leyak. Berbasiskan puzzle dan platforming, game lokal satu ini sangat andalkan kecepatan, ketelitian, hingga ketepatan menemukan ragam objek yang harus diaktifkan dalam first-person.

Uniknya, dalam Escape from Naraka ini, pemain tidak dapat membunuh musuh – musuh di dalamnya. Sebab itulah jika bertemu musuh, yang dapat kalian lakukan adalah kabur dan menghindar dari mereka. Kalian hanya bisa menembakkan es untuk memperlambat langkah mereka saja. Menantang sekali ya, brott.

6. Lokapala

Para pemain MOBA wajib memainkan game satu ini. Lokapala merupakan game Indonesia terbaik dibesut oleh Anantarupa Studios dan menjadi game MOBA pertama se-Asia Tenggara. Karakter – karakter atau hero yang dimunculkan tentunya adalah tokoh – tokoh sejarah maupun mitologi dari kebudayaan nusantara.

7. Pulang: Insanity

Lagi – lagi game lokal horor kembali unjuk gigi. OZYSOFT, developer dari Indonesia membuat sebuah game yang terinspirasi dari kisah nyata berjudul Pulang: Insanity. Berceritakan tentang Rudy, pria yang hidup miskin dan terlilit hutang. Ia berhasil menjadi kaya raya dan hidup sejahtera berkat ritual pesugihan yang dilakukannya. Namun, kebahagiaan tidak berlangsung lama, karena setiap tiga bulan di malam ke-21, orang – orang tersayang Rudy diambil untuk dijadikan tumbal oleh jin yang membuat perjanjian dengannya.

8. Pamali

Masih dengan game lokal horor, Pamali digarap oleh StoryTale Studios dengan atmosfir menyeramkan dan kuat akan kultur Indonesia. Dibuat dengan alur episodik, Pamali menyediakan cerita – cerita unik di tiap episode-nya. Seperti “The White Lady”, di mana kalian akan disuruh membersihkan rumah orangtuamu yang telah lama ditinggalkan dan berniat untuk menjualnya.

Namun, rumah tersebut bukanlah rumah biasa, karena di dalamnya terdapat makhluk halus yang muncul ketika kalian memegang atau menyentuh barang di sekitar. Daripada membersihkan, pemain justru harus mempertahankan kewarasan seiring cerita berjalan.

9. Citampi Stories: Love Live RPG

Kalian tertarik dengan game simulasi kencan? Citampi Stories adalah jawabannya. Game Indonesia keren satu ini mengajak para pemainnya berperan sebagai pemuda yang pindah ke kota Citampi karena ingin dijodohkan dengan anak rentenir. Berbasiskan RPG 8-bit, kalian memiliki waktu sepuluh minggu untuk melunasi hutang tersebut dan bertemu empat wanita cantik yang siap membantu.

10. Ghost Parade

Pernah membayangkan tersesat di hutan, tidak tahu jalan pulang, dan dikelilingi oleh makhluk halus? Itulah tema yang dialami oleh Suri, seorang anak SD tersesat di hutan Svaka yang dikenal angker ketika dalam perjalanan pulang. Sepanjang perjalanan, ia bertemu dengan Tuyul dan Poci, dan untungnya Suri punya kemampuan spesial yang membuatnya bisa berteman dengan para makhluk halus tersebut. Namun sayang, tidak semua makhluk itu mau berteman dengan manusia, hingga membuat Suri harus lewati ragam rintangan dari makhluk jahat itu.

Ghost Parade dikembangkan oleh Lentera Nusantara yang diangkat dari sebuah komik berjudul sama karya Azizah Assattari.

11. Epic Conquest

Siapa yang tidak mengenal game RPG satu ini? Epic Conquest merupakan game Indonesia garapan Gaco Games berceritakan tentang seribu tahun lalu, sebuah portal muncul di langit dan menjadi wadah para demon turun ke bumi dan membantai manusia tanpa ampun. Untuk pertama kalinya, para manusia berhenti berperang dan bergabung demi melawan demon – demon tersebut di bawah bendera bernama Alliance.

12. Epic Conquest 2

Epic Conquest 2 merupakan sekuel dari seri Epic Conquest. Masih digarap oleh Gaco Games, game Indonesia keren ini masih membawa kekentalan RPG yang dibalut cerita fantasi yang seru, visual yang lebih oke, juga mekanisme gameplay yang dipoles lebih mantap lagi dari sebelumnya.

13. Motte Island

Kembali ke game Indonesia terbaik berbasis horor, Motte Island adalah game pertama dari developer OneAperture berceritakan tentang Maxi, seorang narapidana yang berhasil kabur saat kendaraan yang mengangkutnya untuk pindah ke penjara lain mengalami kecelakaan. Kesempatan emas itu digunakan Maxi dengan kabur ke kampung halamannya demi menyelesaikan urusan yang belum terselesaikan.

Game satu ini mengandalkan kontrol dan kamera seperti Hotline Miami, di mana mengambil sudut pandang dari atas dibalut atmosfir menyeramkan hanya bermodalkan senter dan senjata seadanya.

14. Just Deserts

Game Indonesia keren bertemakan simulasi kencan virtual ini akan menjadikan para pemainnya sebagai prajurit bayaran yang ditempatkan di pangkalan militer berdekatan dengan kota Aquarine. Dalam game tersebut, manusia sedang berperang melawan alien dan diambang kekalahan karena alien mampu membuat manusia yang mendekatinya tak sadarkan diri. Namun, berkat hasil rekayasa genetika, hanya kalianlah satu – satunya manusia yang kebal akan efek tersebut.

Nah, dalam peperangan ini, para pemain nantinya akan ditemani lima wanita cantik dengan spesialis di bidang masing – masing.

15. Code Atma

Game lokal satu ini digarap oleh Agate dengan basis idle-horror RPG. Terinspirasi dari sejarah mitologi budaya Indonesia, seluruh makhluk halus dalam game disebut dengan Atma, di mana itu adalah fantasi dan hasrat manusia mengenai makhluk tersebut. Walaupun kasat mata, nyatanya beberapa manusia mampu berkomunikasi dengan mereka melalui aplikasi smartphone bernama Code Atma.

Tiap Atma dalam game mempunyai latar belakang misterius, dan tugasmu yang nantinya berperan sebagai Kasna akan mencari tahu semuanya di game Code Atma ini.

16. Legrand Legacy: Tale of the Fatebounds

Game Indonesia terbaik satu ini wajib sekali kamu mainkan, brott. Dalam game ini, para pemain akan menjadi seorang budak kehilangan ingatan bernama Finn yang ditolong seorang pak tua dan mengajaknya bertualang demi menyembuhkan putrinya. Di situ ia akan bertemu ragam karakter baru dan terbentuk menjadi sebuah kelompok bernama Fatebounds. Berbasiskan ARPG, kalian akan dihadapkan dengan bermacam monster dengan kemampuan berbeda – beda.

17. Celestian Tales: Old North

Masih dengan RPG, Ekuator Games merilis game lokal berjudul Celestian Tales: Old North. Game ini kental dengan unsur politik seperti seri Suikoden, Dragon Age, atau Game of Thrones. Ada enam karakter protagonis berbeda dengan tujuan yang sama, yaitu menjadi seorang squire (bangsawan yang jadi ajudan kesatria dengan tujuan latihan). Keputusan mereka inilah yang nantinya akan mempertemukan keenam karakter tersebut di dalam cerita.

18. Fallen Legion: Rise to Glory

Game ini merupakan game RPG lokal pertama yang diangkat ke platform PS4. Berkisah tentang Cecille, putri kerajaan Fenumia yang dulunya sejahtera. Ketika sang raja wafat, Cecille menjadi pengganti memimpin kerajaan tersebut. Berbagai harta waris di dapatkannya, namun mata Cecille tertuju ke sebuah buku yang dapat berbicara, memiliki pengetahuan dalam dan mampu memberi kehidupan pada senjata. Bersama buku itu, Cecille berpetualang demi membangkitkan kejayaan kerajaan Fenumia.

19. Cute Munchies

Suka dengan game bertema lucu dan menggemaskan? Cute Munchies adalah jawabannya! Game Indonesia terbaik besutan Niji Games ini mempunyai mekanisme mirip dengan Candy Crush, hanya saja para pemain bertugas membantu para hewan imut mencari makan dengan menggeser karakternya ke arah makanan tersebut.

20. The Sun Shines Over Us

Game Indonesia keren satu ini menjadi pusat perhatian kalangan gamer ketika baru dirilis. Pasalnya, game ini rilis pada hari kesehatan mental dunia dan mengangkat kasus bullying di sekolah. Bercerita tentang Mentari yang mengalami trauma karena pernah dibully. Ketika pindah ke sekolah baru, ia bertemu dengan berbagai siswa yang memiliki masalah berbeda – beda, seperti anak yang stress karena broken home bahkan ada juga terkena eating disorder (gangguan pola makan).

21. Nusakana

Nusakana adalah game JRPG open-world yang digarap oleh Studio Namaapa. Game lokal satu ini bercerita tentang dunia pasca perang di mana bagian bumi utara berlomba mencari tanah dan sumber daya alam baru untuk bangun negara baru. Di bumi selatan, terdapat sebuah pulau bernama Nusakana yang kaya Mana, sumber daya paling berharga sedunia. Karena kandungan Mana-nya besar, banyak perwakilan negara yang singgah ke pulau tersebut, termasuk pemain yang berperan jadi karakter protagonis untuk tujuan wisata.

Namun, ternyata di pulau Nusakana mempunyai sebuah rahasia besar yang belum diketahui. Apakah itu? Langsung saja mainkan gamenya.

22. Battle of Satria Dewa

Satu lagi game lokal berbasis MOBA. Game satu ini mencuri perhatian kalangan gamer karena menyuguhkan game MOBA dengan nuansa budaya nusantara. Dengan sistem 3v3, game ini dapat kalian mainkan di platform Android.

23. Grammarian Ltd

Game Indonesia satu ini bisa jadi rekomendasi untuk kalangan gamer. Grammarian Ltd. ini mengajakmu berperan sebagai Noam, fresh graduate yang bertugas mengoreksi grammar dokumen – dokumen acak, karena di tahun 2099, grammar menjadi salah satu aturan yang harus dipatuhi. Jika tidak, pelanggarnya akan berhadapan dengan pihak berwajib dan bisa dihukum penjara.

24. Ultra Space Battle Brawl

Ultra Space Battle Brawl atau disingkat USBB adalah game Indonesia terbaik berbasis fighting game. USBB sempat menjadi salah satu game yang dipertandingkan di piala Presiden pada tahun 2020 lalu. Diiringi dengan musik tekno dangdut yahud, USBB menjadi game yang wajib kalian mainkan tentunya.

25. Anuchard

StellarNull secara resmi merilis Anuchard, game lokal berceritakan di kota bernama Orchard, di mana beberapa orang penduduknya hilang ditelan sebuah dungeon misterius yang ada di bawah tanah. Seiring berkurangnya populasi penduduk Orchard, orang – orang menaruh harapan pada sebuah ramalan akan hadirnya pahlawan pemberani ditakdirkan dapat gunakan Audros Bell yang kuat. Nah, di sini kalian akan berperan sebagai kesatria pengguna Audros Bell untuk selamatkan para penduduk Orchard.

26. Biwar – Legend of Dragon Slayer

Game Indonesia keren ini mempunyai tema yang unik, yaitu memadukan cerita rakyat Papua dengan unsur ornamen Bali. Di sini, para gamer akan membantu sang karakter utama yang memulai petualangan di dunia fantasi berbahaya. Alasan utamanya adalah, membasmi monster naga jahat yang telah mengutuk sang Ibu.

27. Divination

Jika ingin bermain game dengan tema Cyberpunk, Divination bisa menjadi pilihan para pemain. Menceritakan tentang dunia yang dilanda krisis kepercayaan, keraguan, dan obsesi. Di saat dunia dihadapkan dengan situasi tersebut, kalian sebagai diviner (peramal) akan membantu orang – orang menentukan masa depan mereka.

28. Ngopi Yuk!

Game Indonesia satu ini dapat kalian mainkan di platform Android. Mekanisme game satu ini cukup sederhana, yaitu kalian meracik kopi untuk para pelanggan dan menjadi pendengar setia mereka.

29. Petit Island (coming soon)

Game Indonesia satu ini tak boleh kalian tinggalkan. Karena di Petit Island ini, suasana open world dengan Grandpaw sebagai tokoh utama yang berusaha memulihkan ingatannya dengan berkeliling antar pulau bersama jurnal setianya. Game ini dapat kalian wishlist melalui Steam.

30. Coral Island (coming soon)

Game Indonesia keren satu ini juga tidak boleh ditinggalkan. Karena Coral Island mengangkat tema ala Harvest Moon yang tentunya akan disukai para gamer. Kalian dapat lakukan wishlist gamenya melalui Steam.

31. Tirta (coming soon 2022)

Masih dari besutan Agate, game Indonesia berjudul Tirta digadang – gadang merupakan Genshin Impact rasa lokal. Game ini akan rilis tahun ini di platform Playstation 4 & 5, Switch, dan PC.

32. Faerie Afterlight (Summer 2022)

Faerie Afterlight merupakan salah satu game lokal yang bisa menjadi andalanmu menghabiskan waktu luang. Karena suasana metroidvania yang disuguhkan benar – benar memanjakan mata. Game ini akan rilis pada musim panas 2022 melalui PC via Steam.

33. A Space For The Unbound (coming soon 2022)

Game Indonesia garapan Toge Productions ini merupakan salah satu game yang ditunggu – tunggu kehadirannya bagi kalangan gamer. Pasalnya, game ini mengangkat tema supranatural yang unik. Game ini akan rilis dalam tahun ini, dan kalian dapat mainkan prologue-nya melalui PC via Steam dan telah menayangkan webkomik-nya bulan lalu.

34. Parakacuk (coming soon)

Satu lagi game Indonesia keren yang ditunggu – tunggu kalangan gamer. Parakacuk sendiri merupakan game besutan Gamecomteam dengan nuansa game Bully rasa lokal. Game ini telah dapat kalian wishlist melalui PC via Steam.

35. Key Locker (coming soon)

Terakhir adalah Keylocker. Bertemakan Cyberpunk, nantinya para pemain akan menemani sang karakter utama mengembalikan kebebasan berekspresi melalui musik, karena musik dilarang keberadaannya oleh pemerintah otoriter. Berbasis turn-based RPG, kalian dapat wishlist game lokal satu ini melalui PC via Steam.

© Sudar Cell. All rights reserved. Developed by Jago Desain