8 Panduan Menghilangkan Iklan di HP Android Terbaru 2022

8 Panduan Menghilangkan Iklan di HP Android Terbaru 2022

Panduan Menghilangkan Iklan Di HP Android Yang Sering Muncul Terbaru 2022, Baik Itu HP Xiaomi, Oppo, Vivo, Apple, infinix dan Samsung – Sudah tahun 2022, tetapi iklan atau ads masih ada di HP Anda? Sebaiknya mulai sekarang, Anda mencari tahu tentang bagaimana cara menghilangkan iklan di HP Android. Iklan sangat mengganggu dalam penggunaan smartphone sehari-hari. Tidak hanya iklan di browser, tetapi di beberapa merk smartphone, iklan di dalam sistem operasi juga ada yang kerap kali muncul saat mengakses aplikasi bawaan OS tersebut. Hal ini berbeda juga dengan iklan yang berada di aplikasi tertentu.

Munculnya iklan secara acak akan memberikan pengalaman menggunakan HP yang tidak nyaman, apalagi jenis iklan tersebut muncul secara full screen dan perlu ditunggu beberapa detik untuk menutupnya. Salah satu metode ampuh untuk mengatasi munculnya iklan adalah dengan menonaktifkan data seluler atau mengaktifkan mode pesawat. Dengan begitu, akses internet akan dibatasi dan tidak memunculkan iklan kembali. Tetapi cara tersebut untuk beberapa orang akan membuatnya semakin repot karena membatasi akses internet yang diperlukan oleh aplikasi yang ingin digunakan, seperti WA.

Panduan Menghilangkan Iklan di HP Android

Untuk itu, kami akan memberikan cara dan tips bagaimana menghilangkan iklan di HP Android, baik itu untuk browser, sistem operasi, atau pun aplikasi tertentu. Simak ulasannya di bawah ini;

1. Menggunakan UC Browser

Aplikasi browser yang satu ini pertama kali muncul pada tahun 2011. Fitur yang dihadirkan sangat banyak dan telah menjadi browser multi-platform yang dapat ditemukan di PC, Smartphone, dan lain sebagainya. Salah satu keunggulan dari UC Browser adalah fitur ads block yang sangat ampuh untuk memblokir iklan jenis apapun saat kita mengakses website. Untuk menggunakan fiturnya, Anda memerlukan aplikasi UC Browser yang dapat diunduh secara gratis di Google Play Store.

Kemudian, Anda harus mencari plugin khusus bernama Powerful Ad Blocker atau semacamnya. Anda bisa menemukannya di menu Add-Ons yang dapat ditemukan di menu Pengaturan (Settings). Setelah plug-in tersebut terpasang di browser ini, Anda tidak akan menemukan iklan yang mengganggu lagi seperti iklan banner, top-up, video streaming, dan lain sebagainya saat mengakses website tertentu.

2. Menggunakan Security Settings

Di beberapa merk smartphone, kemunculan iklan disebabkan oleh aplikasi-aplikasi pihak ketiga yang sering terinstal secara otomatis. Biasanya dipancing oleh aplikasi lain atau pengaturan smartphone yang kurang diperketat keamanannya. Salah satu cara untuk mengatasinya selain mengun-install aplikasi tidak jelas tersebut adalah membatasi aplikasi apa saja yang dapat diinstall di menu peraturan.

Menu itu disebut sebagai Security Settings yang dapat ditemukan di menu settings pada smartphone Anda. Setelah Anda berhasil ke menu tersebut, selanjutnya Anda harus mencentang menu “Jangan Izinkan Pengunduhan Dari Sumber Lain atau Sumber Tidak Jelas”. Kegunaan dari peraturan ini adalah membatasi aplikasi yang tidak jelas asal usul atau memiliki developer yang tidak terpercaya untuk terinstall di smartphone Anda. Biasanya, aplikasi seperti ini berada di luar Play Store.

3. Gunakan No Root Firewall

Aplikasi sederhana yang sangat kami rekomendasikan untuk Anda yang mengalami kendala muncul iklan di aplikasi apapun. Dengan aplikasi ini, kalian bisa memblokir iklan yang muncul dari aplikasi apapun, tinggal pilih aplikasi yang ingin diblokir iklannya. Aplikasi ini juga gratis dan dapat ditemukan dengan mudah di Google Play Store. Setelah diinstall, Anda akan masuk pada menu utama yang menampilkan deretan aplikasi yang terinstall di smartphone Anda. Tinggal pilih aplikasi yang ingin diblock iklannya kemudian dan klik tandai untuk memilih.

4. Adguard

Aplikasi yang satu ini memiliki fitur yang sangat bagus dan lengkap, tetapi sayangnya, untuk menikmati fitur-fitur unggulannya, Anda harus membelinya. Tersedia juga versi gratis yang dapat diunduh di Google Play Store tetapi fitur yang disediakan cuma mampu untuk memblokir iklan di browser Anda. Jika Anda ingin fitur yang lebih lengkap, kami sarankan untuk membeli versi berbayarnya. Saking lengkapnya, semua yang ada di smartphone Anda bisa diatur pemblokiran iklannya.

  • Fitur Play Protect

Play protect merupakan fitur yang disediakan oleh Google di sistem operasi Android. Kegunaan utamanya adalah untuk melindungi aplikasi-aplikasi yang tidak jelas developersnya. Setelah menggunakan fitur ini dan ingin merasakan efeknya, Anda harus merestart HP terlebih dahulu. Fitur ini bisa ditemukan di peraturan smartphone, tetapi apabila tidak ada, Anda bisa membuka Google Play Store dan mengakses menu Play Project. Kemudian pilih menu toggle scan device untuk membuat iklan tidak muncul lagi sampai muncul tanda hijau.

5. Menggunakan Aplikasi Adclear

Ada banyak fungsi dari aplikasi ini, Anda bisa memblokir iklan apapun yang ada di browser Anda, menjelajahi website, bermain game, sampai dengan update sosial media. Salah satu fitur unggulan dalam aplikasi ini adalah membantu memblokir iklan-iklan yang muncul dalam browser atau aplikasi-aplikasi di smartphone Anda. Aplikasi ini tersedia secara gratis dan dapat diunduh di Google Play Store. Saat menjalankan aplikasi ini dan diminta untuk menyambungkannya ke VPN, klik OK untuk memulainya.

6. Melalui Settings Google Chrome

Google Chrome merupakan salah satu browser terbaik saat ini yang dikembangkan oleh Google Inc. Pengguna dari Chrome sangat banyak, tetapi sering kali mereka merasa terganggu akibat iklan di website yang sering muncul, apalagi jenis top-up. Untuk mengatasinya, Chrome memberikan fitur-fitur yang mampu memblokirnya. Caranya mudah, Anda masuk ke menu settings kemudian cari menu “Site Settings”. Untuk menghapus iklan top-up atau iklan yang sering muncul secara tiba-tiba di tab baru, maka pilih menu “Pop ups and redirects” dan “Toggle”. Apabila sudah nampak abu-abu, maka itu artinya settingan Anda berhasil untuk memblokir iklan top-up.

7. Menggunakan Aplikasi AdBlock

Adblock merupakan salah satu aplikasi atau plug-in yang bisa dipasang di berbagai browser seperti Edge atau Chrome. Seperti namanya, fitur utama dari aplikasi ini adalah membantu memblokir iklan-iklan yang muncul pada browser atau aplikasi. AdBlock bisa ditemukan secara gratis di Google Play Store dan dapat langsung diinstall dan digunakan tanpa harus menyetting terlebih dahulu. Jika Anda hanya ingin memasangnya di browser, cobalah untuk menginstall plug-innya saja.

8. Memilih Sistem Operasi dan Smartphone

Sistem operasi juga menentukan apabila terdapat iklan yang kerap muncul. Usahakan untuk menginstall OS resmi dari Android dan hindari menggunakan OS custom. Merk smartphone juga menentukan, belilah smartphone dengan merk terpercaya seperti Xiaomi, Asus, Samsung, Apple, dan lain sebagainya.

Kesimpulan : Iklan atau ads merupakan komponen yang terdapat dalam smartphone yang cukup mengganggu bagi sebagian orang. Walaupun iklan pada dasarnya bertujuan sebagai penghasilan tambahan dari developer aplikasi, tetapi jika terlalu banyak dan iklan yang muncul pun bukan berasal dari aplikasi atau browser, maka iklan tersebut bisa dibasmi menggunakan saran-saran kami di atas tentang Cara Menghilangkan Iklan Di HP Android.

Load comments